yah akhirnya gue mencoba untuk memposting yang ilmiah, yang gue ngerti, dan yang gue pelajarin juga....
sip kali ini gue pengen ngebahas tentang macet yang ada di jakarta. sebenernya gue secara pribadi agak agak gimana gitu sama macetnya jakarta. sungguh sungguh memprihatinkan sekali, kemana mana macet. contoh: pergi ke penvil aja harus ngelewatin macet minimal 2 kali, gimana kalo ke GBK pas ada bola? minimal 3 jam sebelum main harus udah ada disana. fiuuuh capeknya itu gak tahan. dan ini pernah di bahas sama dosen gue. yuk bahas aja.
jakarta dengan penduduk sekitar 9-11 jutaan penduduk dan sebagai ibukota negara beserta pusat2 segala macam hampir ada disana. belum lagi di tambah dengan penduduk yang berada diluar daerah admnistrasi DKI yang bekerja di jakarta. nah. bayangin aja dengan segitu banyaknya penduduk + orang2 yang pada ngelaju. pasti cet cet macet, bokap gue yang ke arah monas berangkat dari rumah itu paling telat jam setengah 6 kurang 5 kalo lebih pasti nyampe kantornya diatas jam 8 pagi. betapa kasiaanya gue sama bapak gue.. huhuhu...
nah! di sini perlu banyak aspek yang perlu du benahi.
1. mengubah pola pikiran masyarakat, nah! ini yang menurut gue paling utama. ngubah pola pikiran masyarakat untuk ga bawa kendaraan pribadi dan beralih menggunakan transportasi umum. nih yang susah, kebanyakan orang yang mampu untuk membeli kendaraan lebih dari satu cenderung membawa kendaraan pribadinya ke tempat kerja, tempat kuliah, bahkan ke sekolah sekalipun. *geleng - geleng* ya coba ingat jakarta ini bukan hanya tempat yang kita nikmati sekarang, inget anak cucu kita yang bakal menikmati dampak buruk yang kita buat sekarang. ya memang sih lebih nyaman naik kendaraan sendiri. ya gue juga merasakan lebih nikmat dengan kendaraan sendiri. sungguh dilematis.
2. sarana transportasi umum, nah! dan ini sangat berpengaruh sekali sama yang diatas, dan hubungannya kayak tiang listrik sama cat. gue ngalamin sendiri bagaimana gak nyamannya beberapa transportasi umum di jakarta. bahkan sekaliber bus transportasi jakarta. gue beberapa kali mencoba menikmati bus itu tetep aja susah. dari mulai supir bis yang bawanya cukup seenaknya sendiri sampe gue pernah 1 bis yang yang ac nya cukup panas. ahahaha *atau gue yang lagi ditimpa setan?* dan masih banyak lagi. contoh kereta mungkin bisa atau transportasi lainnya.
yang sangat gue apresiasi adalah peraturan 3 in 1 sama transjakarta. khusus buat transjakarta mungkin kurang perawatan dalam hal fasilitas baik di bis maupun di shelter. tapi gue gue tetep salut sama idenya bang yos berani buat 2 kebijakan ini, :shakehands.
mungkin gue menunggu apa lagi kebijakan yang akan dibuat oleh fauzi bowo sebagai DKI 1. semoga lebih baik dari bang yos dan tak sekadar pepesan kosong.
cukup sekian posting yang menurut gue ilmiah *buat gue lho* kalo buat kalian sih terserah nganggep ini apa. udah dulu yaa, sebenernya besok uts sejarah pemikiran ekonomi tapi malah ngenet di warnet. mehehehe
assamalu'alaikum :)
sip kali ini gue pengen ngebahas tentang macet yang ada di jakarta. sebenernya gue secara pribadi agak agak gimana gitu sama macetnya jakarta. sungguh sungguh memprihatinkan sekali, kemana mana macet. contoh: pergi ke penvil aja harus ngelewatin macet minimal 2 kali, gimana kalo ke GBK pas ada bola? minimal 3 jam sebelum main harus udah ada disana. fiuuuh capeknya itu gak tahan. dan ini pernah di bahas sama dosen gue. yuk bahas aja.
jakarta dengan penduduk sekitar 9-11 jutaan penduduk dan sebagai ibukota negara beserta pusat2 segala macam hampir ada disana. belum lagi di tambah dengan penduduk yang berada diluar daerah admnistrasi DKI yang bekerja di jakarta. nah. bayangin aja dengan segitu banyaknya penduduk + orang2 yang pada ngelaju. pasti cet cet macet, bokap gue yang ke arah monas berangkat dari rumah itu paling telat jam setengah 6 kurang 5 kalo lebih pasti nyampe kantornya diatas jam 8 pagi. betapa kasiaanya gue sama bapak gue.. huhuhu...
nah! di sini perlu banyak aspek yang perlu du benahi.
1. mengubah pola pikiran masyarakat, nah! ini yang menurut gue paling utama. ngubah pola pikiran masyarakat untuk ga bawa kendaraan pribadi dan beralih menggunakan transportasi umum. nih yang susah, kebanyakan orang yang mampu untuk membeli kendaraan lebih dari satu cenderung membawa kendaraan pribadinya ke tempat kerja, tempat kuliah, bahkan ke sekolah sekalipun. *geleng - geleng* ya coba ingat jakarta ini bukan hanya tempat yang kita nikmati sekarang, inget anak cucu kita yang bakal menikmati dampak buruk yang kita buat sekarang. ya memang sih lebih nyaman naik kendaraan sendiri. ya gue juga merasakan lebih nikmat dengan kendaraan sendiri. sungguh dilematis.
2. sarana transportasi umum, nah! dan ini sangat berpengaruh sekali sama yang diatas, dan hubungannya kayak tiang listrik sama cat. gue ngalamin sendiri bagaimana gak nyamannya beberapa transportasi umum di jakarta. bahkan sekaliber bus transportasi jakarta. gue beberapa kali mencoba menikmati bus itu tetep aja susah. dari mulai supir bis yang bawanya cukup seenaknya sendiri sampe gue pernah 1 bis yang yang ac nya cukup panas. ahahaha *atau gue yang lagi ditimpa setan?* dan masih banyak lagi. contoh kereta mungkin bisa atau transportasi lainnya.
yang sangat gue apresiasi adalah peraturan 3 in 1 sama transjakarta. khusus buat transjakarta mungkin kurang perawatan dalam hal fasilitas baik di bis maupun di shelter. tapi gue gue tetep salut sama idenya bang yos berani buat 2 kebijakan ini, :shakehands.
mungkin gue menunggu apa lagi kebijakan yang akan dibuat oleh fauzi bowo sebagai DKI 1. semoga lebih baik dari bang yos dan tak sekadar pepesan kosong.
cukup sekian posting yang menurut gue ilmiah *buat gue lho* kalo buat kalian sih terserah nganggep ini apa. udah dulu yaa, sebenernya besok uts sejarah pemikiran ekonomi tapi malah ngenet di warnet. mehehehe
assamalu'alaikum :)
No comments:
Post a Comment