Thursday, December 29, 2011

kasihan ya Indonesia. #part1

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kondisi bentang alam yang sangat indah, luas, dengan bangsanya yang ramah. tapi ada satu tanda tanya yang sangat besar. mengapa indonesia yang sebegini kaya-nya ga bisa menjadi negara maju atau gak jadi negara BRIC deh. dan lagi2 yang baru indonesia yang tergabung sama dalam ACFTA mau ngadain perdagangan bebas. tapi mampu kah? berikut gue berusaha untung ruginya adanya perdagangan bebas.

sebenarnya perdagangan bebas itu bagus ga sih? nih yang namanya perdagangan bebas secara umum itu masuknya barang/ jasa yang masuk ke suatu negara dari negara lain (bisa bilateral, regional, ataupun multilateral dan negara yang bersama sama meneken kontrak perjanjian ) tanpa adanya pembatasan dan segala ketek beleknya hingga masuknya negara tersebut.

*semoga ngerti yang gue jelasin**takut bahasa gue berlibet2*

oke dari penjelasan secara singkat dan absurd tentang perdagangan bebas. sebenarnya enak lho kalo negara dan segala isinya udah siap buat melakukan perdagangan bebas itu. nah indonesia gimana??

nah di indonesia ini sebenernya kalo mau di ajak perdagangan bebas, itu kuat. dengan catatan pemerintah bisa mengalihkan anggaran APBN yang enggak penting buat subsidi. yeah dan subsidi sebenernya terlalu banyak. contoh aja subsidi BBM.

subsidi BBM itu emang bener sih tapi sasarannya aja yang kurang tepat. yah anda tau gimana sifat dan kelakuan manusia indonesia itu. maunya yang murah, malah kalo bisa gratissan.


lalu? nah yang kalo seandainya subsidi bbm itu bisa dikurangi sebanyak mungkin. alihan dana itu bisa untuk pengusaha2 pengrajin kecil yang padat karya, dari padat karya inilah jumlah pengangguran di indonesia bisa berkurang cukup signifikan, ples kalo udah terjadi perdagangan bebas sektor ini bisa kuat ngadepin pasar yang serba liberal, barang apa aja bisa masyuuuk.

tapi kenyataanya? yaaa lo pada tau gimana rumit dan susahnya birokrasi di indonesia. bahkan dari swasta yang terkenal professionalnya enggak terlalu bagus juga.
nah ini yang sebenernya bikin agak ragu gue sebagai anak bangsa indonesia jika indonesia  mau ikut perdagangan bebas tapi indonesianya sendiri belum siap. kalo kata marcell sama armada itu "mauu dibawa kemaanaaa negeri kitaa".

itu penjelasan singkat gue dengan ilmu ekonomi yang masih sangat dangkal. maaf yaa kalo ada yang salah/masukan monggo dikomment. nanti ada part2nya segera menyusul meeen hahaha

No comments: