Friday, February 17, 2012

pesawat baru.






yap ini adalah gambar desain dari pesawat BBJ(boeing business jet)nya Indonesia lho!. keren! dengan harga sekian juta DOLLAAAAR, sang presiden bisa dengan leluasa untuk menjalankan aktivitas baik dalam maupun luar negeri. tapi........

efisiensi gak sih?

menurut gue #kaloguejadiSBY mungkin lebih nyaman pake pesawat kepresidenan yang baru. lebih enak, gak mikirin jam terbang karena harus nyewa salah satu maskapai, ataupun ribet ngurus. yaa walaupun yang ngurus itu ketek ketek beleknya. dan hal itu udah didukung oleh kesekretariatan negara (kalo ga salah) katanya kalo perbandingan selama 5 TAHUN itu lebih hemat membeli pesawat ketimbang menyewa. mungkin kalo diitung itung #ingetlhoinimasihmungkin ya mungkin aja. ditambah pesawatnya boeing dan rata2 pesawat yang lalu lalang di Indonesia itu boeing jadi lebih mudah pengoprasiaannya. begitu..

menurut gue #kaloguejadigue jujur pembelian pesawat boeing ini masih belum diperluin sama Presiden Indonesia buat saat ini. kenapa?. seandainya sang Presiden ini lagi ada tugas ke dalam negeri, yaa walaupun gue denger dengernya cuma  ke kota kota besar dan kalo dilihat dari seri sang pesawat, itu justru punya kelemahaan besar. gak semua bandara di indonesia itu persis bandara bandara yang ada di pulau jawa, batam, bali atau kota2 yang memang udah jadi  lalu lintas penerbangan domestik/luar negeri. nah! kalo kayak gitu berarti paling enggak ada kendaraan yang lebih kecil lagi. contoh: speedboat, helikopeter, atau hovercraft.
terus, gimana biaya perawatannya? menurut gue bakalan jadi lebih mahal cuuuy. coba deh kalo nyewa, ya emang lebih mahhal sih tapi biaya hanggar, pramugari, pilot, maintenancenya udah di tanggung dalam klausul perjanjian penyewaan pesawat. kalo beli? ya semoga aja itu udah termasuk hitungan dari yang mau beli pesawat. terus lagi, kenapa boeing? mungkin ini pertanyaan yang cukup menggelitik. kenapa gak dari PT DI? atau paling enggak airbus deh #ngawur. hmm.. mungkin ada hubungan 'khusus' antara Indonesia sama Boeing yang notabenenya perusahaan amrik. "kalo nyewa pesawat pake maskapai BUMN kan justru lebih enak. ibarat keluar kantong kanan, masuk kantong kiri" ini bener bener keren pendapat seseorang yang ga gue kenal tapi emang ada benernya juga.

hmm. ini pendapat gue lho. bukan maksud gue buat 'mengotori' pikiran yang baca dengan hal kayak gini. setidaknya berikan perhatian buat negara ini. masa' bangsanya sendiri ga mau mikirin negaranya? kan malu sama negara lain yang mikirin negara kita.

Gue juga gak bermaksud terus menerus sentimen sama pemerintah. sekali lagi cuma memberikan pandangan. toh nanti generasii gue juga pasti bakalan ada yang nyicipin gimana ribet atau susahnya jadi seorang Birokrat.

tapi apapun yang dilakuin presiden semoga ada manfaatnya deh buat ningkatin kinerjanya. :D

No comments: